Rabu, 17 Mei 2023

Penyebab Mobil Banting Klep

 Banting klep atau knocking yang terjadi pada kendaraan disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Timing pengapian yang terlalu maju

2. Pemakaian bahan bakar yang oktannya kerendahan

3. Penggunaan gigi yang tidak sesuai dengan beban kendaraan 

4. kotoran yang terlalu banyak pada ruang bakar

5. Tekanan kompresi yang melebihi standar

namun yang paling sering terjadi adalah dikarenakan oleh pemakain gigi yang tidak sesuai dengan beban kendaraan atau mesin.

Tiga elemen dasar dalam mesin bensin adalah: campuran udara bahan bakar yang baik, kompresi yang baik, dan spark yang baik.

Sistem pengapian menghasilkan spark yang kuat melalui waktu pengapian yang tepat untuk mengapikan campuran udara-bahan bakar.
1.Spark yang kuat
Pada sistem pengapian, spark (percikan api) dihasilkan diantara elektroda-elektroda busi dan untuk membakar campuran. Karena bahkan udara pun memiliki resistansi terhadap listrik, ketika dikompresi dengan kuat, puluhan ribu volt harus dihasilkan untuk menjamin spark yang cukup untuk memantik campuran udara-bahan bakar.
2.Waktu pengapian yang baik
Sistem pengapian harus memberikan waktu pengapian yang cukup setiap waktu untuk mengakomodasi perubahan dalam kecepataan dan beban mesin.
3.Daya tahan yang cukup
Sistem pengapian harus dapat memberikan kehandalan yang cukup untuk menahan getaran (vibrasi) dan panas yang dihasilkan oleh mesin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa penyebab banting klep

 Banting klep atau knocking yang terjadi pada kendaraan disebabkan oleh beberapa hal berikut ini: 1. Timing pengapian yang terlalu maju 2. P...