Deskripsi
Sistem EFI menggunakan berbagai sensor untuk mendeteksi kondisi mesin dan kondisi pengendaraan mobil. Selanjutnya ECU mesin akan mengkalkulasi volume penyemperotan bahan bakar optimal, yang kemudian memerintahkan injektor untuk menyemprotkan bahan bakar.
Gambar berikut menunjukkan konfigurasi dasar EFI. |
| ECU mesin |
Bagian ini mengkalkulasikan durasi injeksi bahan bakar optimal berdasarkan sinyal dari sensor. |
| Air flow meter atau manifold pressure sensor |
Tugasnya mendeteksi massa udara intake atau tekanan manifold. |
| Crankshaft position sensor |
Untuk mendeteksi sudut cranksahft dan putaran mesin. |
| Camshaft position sensor |
Ini mendeteksi sudut standar camshaft dan timing camshaft
| Water temperature sensor | Ini mendeteksi suhu pendingin |
| Throttle position sensor | Ini mendeteksi sudut bukaan throttle valve. |
| Oxygen sensor | Ini mendeteksi konsentrasi oksigen dalam gas buang
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar