DYNA adalah produk TOYOTA yang lebih Kerenya disebut
DYNASAURUS mengambil nama binatang PURBAKALA yang dikenal tangguh .dan inilah
yang ditawarkan TOYOTA dalam membantu pemiliknya sukses dalam bidang
Usahanya,ada Tips yang perlu diperhatikan agar Dynasaurusnya tetap sehat:
Agar DYNAsaurus Anda Sehat
MESIN MENDADAK MATI
Mesin mendadak mati
(kemungkinan penyebab, prosedur dan metode perbaikan).
- Kemungkinan penyebab : Mesin tidak dapat hidup
kembali.
Prosedur dan metode perbaikannya : Lakukan pengecekan, apakah mesin
dapat start sesuai dengan prosedur, bila tidak dapat lakukan perbaikan cek
kabel baterai, kabel negatif dan kabel positif.
- Kemungkinan
penyebab : Idle mesin kasar.
Prosedur dan metode perbaikannya : Bila idle mesin tidak stabil, idle mesin kasar, lakukan
peyetelan idle (
putaran idle 600 ~ 700 ).
- Kemungkinan
penyebab : Kerusakan kerja selenoid pemutus bahan bakar.
Prosedur dan metode perbaikannya : Bila mesin berputar normal tetapi
tidak mau hidup, petunjuk : tidak adanya
suara kerja selenoid, juga akibat kendornya hubungan kelistrikan, lakukan
pengecekan konektor sebelum melakukan perbaikan.
- Kemungkinan
penyebab : Tidak ada bahan bakar ke dalam pompa injeksi.
Prosedur dan metode perbaikannya : Lihat item no 3.
(metode perbaikan kerusakan kerja selenoid ) dan cek sistem bahan bakar,
saringan, kerja selenoid, cek kebocoran dalam sistem bahan bakar.
MESIN KURANG TENAGA
Mesin kurang tenaga
(kemungkinan penyebab, prosedur dan metode perbaikan).
- Kemungkinan penyebab : kesalahan penyetelan kabel Akselerator.
Prosedur dan metode perbaikannya : cek pedal Akselerator bila ditekan sepenuhnya, cek tuas penyetelan bersinggungan dengan skrup penyetelan kecepatan maksimum. Bila tidak lakukan penyetelan. - Kemungkinan penyebab : Putaran maksimum kurang.
Prosedur dan metode perbaikannya :Cek RPM maksimum :4.050 ~ 4.250 bila tidak sesuai lakukan penyetelan sesuai dengan spesifikasi. - Kemungkinan penyebab : Saringan bahan bakar tersumbat.
Prosedur dan metode perbaikannya : Lepas selang saluran bahan bakar dan langsungkan ke pompa injeksi, bila hasilnya baik berarti saringan tersumbat dan lakukan penggantian saringan bahan bakar. - Kemungkinan penyebab : Kesalahan timing injeksi.
Prosedur dan metode perbaikannya : Standart timing 1.31 ~ 1.37 mm, bila hasil kurang dari standar lakukan penyetelan seperti spesifikasi. - Kemungkinan penyebab : Kesalahan Nozel injeksi.
Prosedur dan metode perbaikannya : Cek tekanan nozel standart 180 ~ 210 Kg/cm2, bila tekanan nozel kurang dari spesifikasi lakukan penyetelan, sesuai dengan spesifikasi. - Kemungkinan penyebab : Kebocoran bahan bakar.
Prosedur dan metode perbaikannya : Cek kebocoran bahan bakar, pada sambungan pompa injeksi, baut Kepala distributor pompa injeksi, serta katup delivery. Lakukan pengecekan sesuai spesifikasi
Memilih Armada yang Sesuai dengan Usaha Anda
Setiap jenis usaha memiliki karakteristik produk dan jaringan
distribusi tersendiri.
Untuk itulah, setiap Anda sebagai pebisnis tentu membutuhkan armada dengan
spesifikasi khusus untuk mendukung usaha Anda.
Dyna
110ST
110ET
130LT
130HT
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Dealer kami yang terdekat.
Penurunan
Akselerasi Pada Mobil Solar
Penurunan akselerasi pada mesin berbahan
bakar solar bisa disebabkan karena solar bercampur air dan kotoran. Akibatnya,
pembakaran tidak sempurna sehingga mobil tersendat-sendat.
Endapan air dan kotoran yang terjadi di
dalam saringan solar harus diperhatikan. Karena bila endapan sudah terlalu
banyak dapat terbawa masuk ke sistem saluran bahan bakar sehingga pompa dan
nosel injector mudah berkarat serta aus. Untuk mengatasinya sangat mudah, yaitu
dengan membuang kandungan air yang sudah mencapai ambang batas melalui water
sedimenter. Perhatikan caranya:
- Lakukan pemeriksaan rutin kandungan air, sebaiknya dilakukan setiap
5.000 km. Jika kurang dari batas itu,
indikator sedimenter pada dasbor akan menyala.
- Cara membuangnya kendurkan baut plastik di sebelah pompa tangan
atau tepatnya disamping atas mesin. Buka baut plastik tadi seperlunya
sampai cairan solar bercampur air menetes keluar.
- Tekan pompa pembuangan dengan tangan ke atas dan ke bawah. Sambil memompa perhatikan cairan yang keluar dari
sedimen, pertama kotoran lalu air.
- Tadahlah buangan solar di baki penampung supaya tidak tercecer ke
mobil. Karena jika tumpah, solar bisa membuat karet-karet atau bushing
jadi melar dan mengeras.
- Setelah isi water sedimenter habis, putar tuas pompa melawan arah
jarum jam untuk membuka kancing pompa agar kandungan air yang tersisa bisa
keluar semua.
- Kemudian tarik tuas pompa dan lakukan pemompaan secara teratur untuk
membuang solar dan kotoran. Lakukan beberapa kali sampai benar-benar
habis. Jika sudah yakin endapan telah habis semua kembalikan pompa ke
posisi semula dan kunci kembali dengan memutar searah jarum jam.
Tips Memilih Cara
Meningkatkan Tenaga Mesin
Meningkatkan tenaga mesin bisa dilakukan
dengan banyak cara dengan tingkat kerumitan dan biaya yang bervariasi. Ada
baiknya untuk menyesuaikan perangkat penambah tenaga dengan rute yang paling
sering dilewati. Sebagai bahan pertimbangan, dibawah ini dikenalkan bebarapa
cara untuk menambah tenaga mesin.
Turbocharger:
Kerja sistem ini dengan memanfaatkan
tekanan gas buang untuk meningkatkan tenaga mesin. Caranya, gas buang yang
bersuhu dan tekanan tinggi dimasukkan kembali ke saluran intake mesin sehingga
proses pembakaran lebih mudah dan kerja piston lebih ringan.
Kelebihan
- Torsi dan akselerasi jauh lebih baik. Penambahan tenaganya bisa mencapai 100 daya kuda, bahkan lebih.
Perangkat ini juga menghemat energi, karena campuran udara dan bahan bakar
yang lebih homogen akan lebih cepat terbakar.
- Sistem ini bekerja baik disegala medan, di perkotaan yang macet, di
pegunungan yang penuh tanjakan dan berkelok-kelok ataupun jalan antar kota
yang datar dan lurus.
- Semakin banyak gas buang yang dihasilkan, semakin besar energi
tambahan yang disuplai turbocharger. Itu sebabnya perangkat ini bekerja lebih baik pada putaran mesin
tinggi.
Kekurangan :
- Ketika Turbo diaktifkan reaksinya terasa agak terlambat. Gejala ini dikenal sebagai turbo lag. Untuk
mengurangi efek turbo lag, dikembangkan sistem turbocharger ganda dimana
turbocharger pertama bereaksi pada putaran mesin rendah, sementara turbo
lainnya bekerja pada putaran yang lebih tinggi.
- Pemasangan sistem ini, seringkali mengharuskan perubahan exhaust
manifold dan juga penambahan perangkat intercooler sistem yang berfungsi
menurunkan suhu udara yang masuk ke intake.
- Pemasangannya rumit dan membutuhkan biaya yang mahal.
Perubahan saluran buang (exhaust):
Prinsip kerjanya adalah memperlancar
aliran gas buang (free flow) dan mengurangi tekanan balik.
Kelebihan :
- Yang pertamakali dilakukan bila
ingin mendongkrak tenaga mesin. Selain lebih murah dari pemasangan sistem
turbocharger, instalasinya juga lebih sederhana. Pilihannya sangat
bervariatif dengan harga yang beragam pula.
- Telitilah sebelum membeli, karena
perubahan sistem pembuangan akan merubah suara yang keluar. Semakin bebas
aliran, semakin dahsyat suara yang dihasilkan.
- Modifikasi ini akan sangat bermanfaat untuk mobil yang biasa dipakai
untuk perjalanan antar kota. Karena pada kecepatan konstan akan lebih baik
bila gas buangnya juga mengalir lancar sehingga kerja mesin lebih ringan.
Kekurangan :
- Tidak banyak tenaga tambahan yang
diperoleh dengan perubahan sistem pembuangan.
Modifikasi saluran masuk (intake):
Prinsip
kerjanya adalah memperlancar masuknya udara ke mesin. Semakin cepat splai
udara, semakin tinggi tenaga yang dihasilkan. Agar lancar hambatan yang ada di
kurangi sebanyak mungkin. Semakin sempurna aliran udara, semakin cepat proses
pembakaran terjadi. Plus: Dipasaran banyak dijual sistem intake yang memiliki
sedikit hambatan dengan bentuk yang bervariasi. Materialnya mulai dari besi,
aluminium hingga fiberglass. Yang paling baik berbahan fiberglass disusul
aluminium dan besi.
Metode
yang banyak dilakukan adalah mengganti saluran intake dengan aluminium karena
harganya relatif murah dan tahan lama.
Tambahan
tenaganya lebih baik dari pada perubahan saluran buang dengan harga yang lebih
murah. Paling baik digunakan di perkotaan yang membutuhkan pasoka udara yang
cepat untuk akselerasi.
Jika Sasis
Mulai Menyanyi
Komponen
sistem transmisi ini apabila mengalami kerusakan maka akan terdengar
bunyi-bunyi yang tak nyaman di telinga. Lakukan
pemeriksaan bagian-bagian mana yang menimbulkan bunyi sehingga bisa dideteksi
kerusakan apa yang terjadi. Pemeriksaan dilakukan sambil menjalankan mobil dan
amati semua bunyi yang terdengar.
1. Bunyi mendengung/menggerung
- Jika terdengar bunyi
mendengung/menggerung saat kendaraan mulai bergerak kemungkinan bantalan
roda sudah aus. Perlu tindakan untuk mengganti gemuk bantalannya atau jika
sudah aus parah perlu diganti semua.
- Jika terdengar suara menggerung
dari belakang untuk mobil dengan jenis penggerak roda belakang, maka kemungkinan
ada masalah pada pedal gasnya. Bunyi mengorok keras akan terdengar saat
pedal gas diinjak.
2. Bunyi duk/jleg
- Jika terdengar bunyi duk..duk
atau jleg..jleg..saat kopling dilepas itu menandakan perangkat diferensial
roda belakang sudah aus. Bantalan-bantalannya membutuhkan penggantian.
Bisa juga karena gigi-gigi ring dan pinion sudah terlalu besar.
3. Bunyi cit..cit..cit
- Bila terdengar bunyi
cit..cit..cit yang makin lama makin cepat saat kendaraan melaju maka
komponen crossjoint pada
as kopel sudah aus dan mungkin harus diganti. Bisa juga karena komponen
tersebut sudah lama tidak diberi gemuk sehingga lama-lama aus dan celahnya
melebar.
- Bila bunyi cit..cit..cit
terdengar saat kendaraan bergoyang kemungkinan penyebabnya dari suspensi
per daun. Bunyi timbul karena terjadi gesekan pada per daun karena logam
yang kekeringan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar