Sabtu, 06 Mei 2023

apa penyebab mobil susah di starter

 Penyebab mobil susah distarter ada beberapa hal:

1. Kondisi dari batrai yang sudah tidak mencukupi lagi untuk start

2. Kondisi kabel penghubung dari batrai ke starter yang sudah tidak baik (pengikat kepala batrai yang kendor, kabel yang panas)

3. Kondisi dari starter sendiri yang sudah lemah atau brushnya pendek.

4. Kondisi mesin yang memang berat untuk distarter seperti saat terjadi overheting pada mesin.


berikut kita lihat terlebih dahulu mengenai starter.

Karena mesin tidak dapat di-start sendiri, maka diperlukan daya dari luar untuk membangkitkan tenaga pertama kali. Untuk men-start mesin, motor starter memutar crankshaft via ring gear.
Starter diperlukan untuk membangkitkan tenaga yang besar dari sumber tenaga yang kecil (baterai) .Untuk itulah diperlukan tenaga listrik arus searah dari motor untuk menggerakkan starter.
Untuk men-start mesin crankshaft harus berputar lebih cepat dari putaran minimum. Putaran minimum crankshaft ini berbeda satu dengan yang lain tergantung kondisi, konstruksi, dan cara kerja mesin. Tetapi umumnya sekitar 40 sampai 60 rpm untuk mesin berbahan bakar bensin dan 80 sampai 100 rpm untuk mesin diesel.

*Motor seri *DC (direct current)
Motor seri DC terdiri dari kumparan medan dan armatur yang dihubungkan secara seri, motor ini dipakai untuk membangkitkan torsi maksimum bila starter mulai berputar.

<1>Pull-in



Bila switch pengapian dalam posisi start, maka arus baterai mengalir ke hold in coil dan pull in coil . Kemudian arus mengalir dari pull in coil ke armatur coil melalui field coil mengitari armatur coil dengan kecepatan rendah. Timbulnya daya magnet pada hold in coil dan pull in coil ini menarik inti kutub. Kemudian plunyer switch magnet tertarik ke inti kutub. Beroperasinya pull in coil  ini membuat roda gigi pinion terdorong keluar dan menarik ring gear. Dengan dorongan ke dalam ini roda gigi pinion terdorong keluar dan mengikat dengan ring gear, dan kontak piringan memutar kontak utama.
Gambar di sebelah kiri bawah berisikan aliran arus di tahapan pull-in ini.
PETUNJUK SERVIS:
Untuk menjaga tegangan di switch magnet beberapa model mempunyai relay antara switch pengapian dan switch magnet. .

<2>Hold-in




Bila kunci kontak dalam keadaan on, maka tidak ada arus baterai mengalir secara langsung melewati pull in coil dan field coil dan armatur coil. Armatur coil kemudian mulai berputar dengan kecepatan tinggi dan mesin pun hidup. Pada saat itu plunyer tertahan hanya dengan kekuatan magnet yang berasal dari hold in coil, lantaran tidak ada arus yang mengalir pada pull in coil.
Gambar di sebelah kiri bawah ini menunjukkan aliran arus pada tahap hold in

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa penyebab banting klep

 Banting klep atau knocking yang terjadi pada kendaraan disebabkan oleh beberapa hal berikut ini: 1. Timing pengapian yang terlalu maju 2. P...