Pada zaman sekarang semua mobil sudah menggunakan sistem injeksi.
sebelum kita membahas penyebab mobil injeksi boros bahan bakar, ada baiknya kita bahas sedikit mengenai sistem injeksi itu sendiri atau sistem EFI.
Sistem EFI menggunakan berbagai sensor untuk mendeteksi kondisi mesin dan kondisi pengendaraan mobil. Selanjutnya ECU mesin akan mengkalkulasi volume penyemperotan bahan bakar optimal, yang kemudian memerintahkan injektor untuk menyemprotkan bahan bakar.
Gambar diatas menunjukkan konfigurasi dasar EFI. |
ECU mesin | ||
Bagian ini mengkalkulasikan durasi injeksi bahan bakar optimal berdasarkan sinyal dari sensor. | ||
Air flow meter atau manifold pressure sensor | ||
Tugasnya mendeteksi massa udara intake atau tekanan manifold. | ||
Crankshaft position sensor | ||
Untuk mendeteksi sudut cranksahft dan putaran mesin. | ||
Camshaft position sensor | ||
Ini mendeteksi sudut standar camshaft dan timing camshaft. | ||
Water temperature sensor | ||
Ini mendeteksi suhu pendingin | ||
Throttle position sensor | ||
Ini mendeteksi sudut bukaan throttle valve. | ||
Oxygen sensor | ||
Ini mendeteksi konsentrasi oksigen dalam gas buang Penyebab mobil injeksi boros BBM |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar