Selasa, 09 Mei 2023

Apa saja isi dari delco atau distributor Pengapian

 Distributor

Fungsi distributor dapat dibagi dalam 4 bagian
seperti diperlihatkan di bawah ini.
Bagian Pemutus (arus)
Pada bagian ini terdiri dari breaker point (atau biasa
diisebut contact point atau "point" saja), camlobe
(nok) dan conderser.
Fungsi breaker point adalah untuk memutuskan
arus listrik dan menghubungkannya dari kumparan
primer coil ke masa agar terjadi induksi pada
kumparan sekunder coil. Induksi terjadi pada saat
breaker point diputus atau terbuka.



Fungsi camlobe untuk mengungkit breaker point
agar dapat memutus dan menghuhungkan arus
listrik pada kumparan primer coil.




Condenser berfungsi untuk menghilangkan atau
mencegah terjadinya loncatan api atau bunga api
listrik pada breaker point. Konstruksinya dapat
dilihat pada gambar di bawah. Kemampuan dari
suatu conderser dapat ditunjukkan dengan berapa
besar kapasitasnya. Kapasitas conderser diukur
dalam mikro farad (μf).

Pada kendaraan Toyota, conderser yang
dipergunakan ada tiga macam yaitu:
Condenser dengan kabel warna hijau, kapasitasnya
Adalah 0,15 μf.
Condenser dengan kabel warna kuning,
kapasitasnya adalah 0,22 μf.
Condenser dengan kabel warna biru, kapasitasnya
adalah 0,25 μf.



Terbakarnya breaker point sering juga diakibatkan
oleh condenser yang tidak sesuai dengan
kapasitasnya atau kapasitasnya tidak normal.
Bagian Distributor
Bagian ini berfungsi mendistribusikan arus tegangan
tinggi yang dihasilkan (dibangkitkan) oleh kumparan
sekunder pada ignition coil ke busi pada tiap-tiap
cylinder sesuai dengan urutan pengapian (ignition
order). Bagian ini terdiri dari tutup distributor dan
rotor.


Bagian Governor Advancer

Bagian ini berfungsi untuk memajukan saat
pengapian sesuai dengan pertambahan putaran
mesin. Bagian ini terdiri dari governor weight dan
governor spring (pegas governor).
Gambar di bawah menunjukkan konstruksi dari
Governor Advancer.

Bagian Vakum Advancer

Bagian ini berfungsi untuk memundurkan atau
memajukan saat pengapian pada saat beban mesin
bertambah atau berkurang.
Bagian ini terdiri dari breaker plate dan vakum
advance, yang akan bekerja atas dasar kevakuman
yang terjadi di dalam intake manifold.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa penyebab banting klep

 Banting klep atau knocking yang terjadi pada kendaraan disebabkan oleh beberapa hal berikut ini: 1. Timing pengapian yang terlalu maju 2. P...