Jumat, 05 Mei 2023

Penyebab mobil overheat

 Penyebab mobil overheat atau panas berlebihan dikarenakan sistem pendingin yang bermasalah atau kekurangan atau bahkan kehabisan air pendingin, kipas pendingin yang tidak bekerja.

Penyebab mobil overheat yang paling sering adalah adanya kebocoran dari sistem pendingan atau tutup radiator yang rusak dan kipas pendingin tidak bekerja, radiator tersumbat atau kotor

ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu sistem pendingin.




1.Sistem Pendinginan
Ketika mesin panas, sistem pendinginan mentransfer panas ke sekeliling udara dan menurunkan suhu mesin. Sebaliknya, ketika mesin dingin, sistem pendinginan akan mempermudah mesin untuk dipanaskan.
Dengan begini, sistem pendinginan berfungsi untuk menjaga suhu mesin yang sesuai. Terdapat sistem pendinginan tipe udara dan air, tetapi, kebanyakan mobil menggunakan sistem pendinginan tipe berpendingin air.
(1)Sistem pendinginan tipe pendingin air
Pada sistem ini, pendingin disirkulasikan ke water jacket, menyerap panas yang dihasilkan mesin, dan menjaga temperatur mesin yang sesuai.
Panas yang diserap dilepaskan melalui radiator dan pendingin yang sudah dingin kembali, disirkulasikan kembali untuk mendinginkan mesin. Panas dari pendingin juga dapat digunakan sebagai pemanas (heater).
Dua tipe sistem pendingin, yang dibedakan menurut posisi thermostat-nya,
adalah sebagai berikut:
<1>Thermostat pada sisi inlet pompa air
<2>Thermostat pada sisi outlet pompa air

Sistem pendingin dapat juga dibedakan ada tidaknya katup bypass yang mengontrol sirkuit bypass. Dalam beberapa tahun terakhir, hampir semua sistem pendingin mesin dilengkapi thermostat yang memiliki katup bypass.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa penyebab banting klep

 Banting klep atau knocking yang terjadi pada kendaraan disebabkan oleh beberapa hal berikut ini: 1. Timing pengapian yang terlalu maju 2. P...