Jumat, 12 Mei 2023

SISTEM PENGISIAN ADALAH

 URAIAN SISTEM PENGISIAN

Fungsi baterai pada kendaraan adalah untuk

menyuplai kebutuhan listrik pada komponenkomponen

listrik pada kendaraan tersebut seperti

motor starter, headlight dan wiper. Namun demikian

kapasitas baterai sangatlah terbatas, sehingga

tidak akan dapat menyuplai tenaga listrik secara

terus menerus.

Dengan demikian, baterai harus selalu terisi penuh

agar dapat menyuplai kebutuhan listrik setiap

waktu yang diperlukan oleh tiap-tiap komponen

listrik. Untuk itu pada kendaraan diperlukan sistem

pengisian yang akan memproduksi listrik agar

baterai selalu terisi penuh.

Sistem pengisian akan memproduksi listrik untuk

mengisi kembali baterai dan menyuplai kelistrikan

ke komponen yang memerlukannya pada saat

mesin dihidupkan.

Sebagian besar kendaraan dilengkapi dengan

alternator yang menghasilkan arus bolak-balik yang

Iebih baik dari pada dinamo yang menghasilkan

arus searah dalam hal tenaga listrik yang dihasilkan

maupun daya tahanannya.

Kendaraan yang menggunakan arus searah (direct

current), arus bolak-balik yang dihasilkan oleh

alternator harus disearahkan menjadi arus searah

sebelum dikeluarkan.



ALTERNATOR

Fungsi alternator untuk merubah energi mekanis

yang didapatkan dari mesin menjadi tenaga listrik.

Energi mekanik dari mesin disalurkan sebuah puli,

yang memutarkan rotor dan menghasilkan arus

listrik bolak-balik pada starter. Arus listrik bolakbalik

ini kemudian dirubah menjadi arus searah oleh

dioda-dioda.

Komponen utama alternator adalah: rotor yang

menghasilkan medan magnet listrik, stator yang

menghasilkan arus listrik bolak-balik, dan beberapa

dioda yang menyearahkan arus.

Komponen tambahan lain adalah: brush yang

menyuplai arus listrik ke rotor untuk menghasilkan

medan magnet, bearing-bearing yang memungkinkan

rotor dapat berputar lembut dan sebuah fan untuk

mendinginkan rotor, stator dan dioda.

Konstruksi alternator bagian-bagiannya terdiri dari :

a. Puli (pulley) d. Startor coil

b. Fan (Kipas) e. Rectifier (silicon diode)

c Rotor coil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa penyebab banting klep

 Banting klep atau knocking yang terjadi pada kendaraan disebabkan oleh beberapa hal berikut ini: 1. Timing pengapian yang terlalu maju 2. P...