Jumat, 12 Mei 2023

SISTEM START ADALAH

 URAIAN

Suatu mesin tidak dapat mulai hidup (start) dengan

sendirinya, maka mesin tersebut memerlukan

tenaga dari luar untuk memutarkan crankshaft dan

membantu untuk menghidupkan. Dari beberapa cara 

yang ada, kendaraan umumnya mempergunakan

motor listrik, digabungkan dengan magnetic switch

yang memindahkan gigi pinion yang berputar ke

ring gear yang dipasangkan pada bagian luar dari

fly wheel, sehingga ring gear berputar (dan juga

crankshaft).

Motor starter harus dapat menghasilkan momen

yang besar dari tenaga yang kecil yang tersedia

pada baterai. Hal lain yang harus diperhatikan ialah

bahwa motor starter harus sekecil mungkin. Untuk

itulah, motor serie DC (arus searah) umumnya

yang dipergunakan.




MOTOR STARTER

Motor starter yang dipergunakan pada kendaraan
dilengkapi dengan magnetic switch yang
memindahkan gigi yang berputar (selanjutnya
disebut gigi pinion) untuk berkaitan atau lepas
dari ring gear yang dipasangkan mengelilingi
flywheel yang dibaut pada crankshaft. Saat ini kita
mengenal dua tipe motor starter yang digunakan
pada kendaraan atau truck-truck kecil, yaitu motor
starter konvensional dan reduksi. Kendaraan yang
dirancang untuk dipergunakan pada daerah dingin
mempergunakan motor starter tipe reduksi, yang
dapat menghasilkan momen yang lebih besar yang
diperlukan untuk men-start mesin pada cuaca
dingin. Motor starter tipe ini dapat menghasilkan
momen yang lebih besar dari pada motor starter
konvensional untuk ukuran dan berat yang sama.
saat ini kendaraan cenderung mempergunakan
tipe ini meskipun untuk daerah yang panas. Pada
umumnya motor starter digolongkan (diukur)
berdasarkan output nominalnya (dalam KW) makin
besar output makin besar kemampuan starternya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa penyebab banting klep

 Banting klep atau knocking yang terjadi pada kendaraan disebabkan oleh beberapa hal berikut ini: 1. Timing pengapian yang terlalu maju 2. P...